top of page

82 % Badan Publik Di Kaltim Melanggar UU KIP


SAMARINDA. Malam penganugerahan pemeringkatan keterbukaan informasi publik untuk badan publik se Provins Kalimantan Timur dari hasil monitoring dan evaluasi (e-monev 2023) telah dilaksanakan pada 19 Desember 2023 oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur.





Dari 9 kategori klasifikasi badan publik mengikuti emonev 2023 sejumah 51 badan publik dapat disimpulkan telah melaksanakan UU KIP (Undang-Undang No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik) karena telah mencapai penilaian informatif, menuju informatif dan cukup informatif.


Sedangkan 246 badan publik lainnya dapat disimpulkan belum melaksanakan dan potensi melanggar UU KIP karena kurang informatif, tidak informatif dan tidak patuh sehingga perlu mendapatkan teguran dan pembinaan lebih lanjut baik dari KIP Kaltim maupun atasan badan publik terkait maupun Dinas Kominfo disemua tingkatan sebagai pembina/kordinator pelaksanaan keterbukaan informasi publik didaerahnya. Apabila ditemukan unsur kesengajaan dalam pelanggaran atas UU KIP atas aduan publik maka dapat ditindaklanjuti dalam penyelesaian sengketa informasi publik di komisi informasi untuk berikutnya bisa diajukan dalam tuntutan pidana sebagaimana diatur dalam UU KIP dan aturan turunannya.


Berikut tabel hasil e-monev 2023 KIP Kaltim :




















Sumber : Hasil e-monev KIP Kaltim Tahun 2023


Berita terkait : Pemprov Kaltim Raih Peringkat 8 Nasional Dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik https://diskominfo.kaltimprov.go.id/penghargaan/pemprov-kaltim-raih-peringkat-8-nasional-dalam-anugrah-keterbukaan-informasi-publik-2023


Comments


bottom of page