top of page

Website PPID Bukan Sekedar Pajangan Tapi Pelayanan


Website PPID Pemprov Kaltim, Pemkot Balikpapan, Pemkab Kubar, Pemkab PPU, Pemkab Berau, Pemkab Paser, Pemkab Mahulu Belum Menunjukkan Adanya Aktivitas Pelayanan Informasi Publik.



Kepatuhan untuk melaksanakan keterbukaan informasi publik tidak hanya sekedar selesai prosesnya pada mengumumkan dan menyediakan informasi publik namun lebih kepada adanya aktivitas pelayanan informasi publik dengan dibuktikan melalui laporan, statisik dan rincian permohonan / permintaan informasi publik. Dimana sesuai perkembangan zaman beberapa pembuktian adanya aktivitas pelayanan informasi publik tersebut di muat dalam website PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Pemerintah Daerah (Pemda/Pemprov/Pemkab/Pemprov).


Saluran dan bentuk permohonan informasi publik pun dibuat sesuai perkembangan zaman dewasa ini tidak lagi hanya mengandalkan formulir manual dimeja pelayanan PPID dimana pemohon informasi publik datang langsung ke kantor PPID namun pemohon informasi publik salah satunya bisa mengakses formulir online permohonan informasi publik yang disediakan di website PPID Pemda selain mengunakan saluran lainnya seperti email. media sosial dan bahkan WA.


Sesuai tuntutan zaman semua proses pelayanan informasi publik secara online itu mesti transparan bisa diketahui secara realtime oleh pemohon informasi publik melalui website PPID Pemda. Tidak lagi hanya sekedar menyediakan form pelayanan permohonan informasi online atau pemohon informasi publik diberikan nomor tiket untuk mengecek status permohonannya namun keseluruhan proses pelayanan informasi publik secara online mulai dari awal hingga akhir transparan dimuat dalam website PPID Pemda dan keseluruhan proses ini terdata secara baik untuk laporan dan statistik secara real time aktivitas pelayananan informasi publik.


Adapun aktivitas pengguna informasi publik bisa direkam/dicatat datanya melalui sistem dalam website PPID Pemda mengenai berapa kali sebuah item informasi publik yang diumumkan/disediakan dalam website di unduh/dibaca pengguna informasi publik dan hal tersebut bisa dilaksanakan sebagai bagian dari bukti adanya aktivitas pelayanan informasi publik.


Ibarat website toko online / lapak online apabila item jualan dalam website itu sepi dari transaksi jual beli maka website toko online tersebut belum berhasil melaksanakan fungsinya begitupun adanya dengan website PPID Pemda hanya berbeda fungsinya. Semakin ramai aktivitas pelayanan informasi publik di website PPID Pemda itu menunjukkan keberhasilan dan dilain sisi partisipasi warga negara juga meningkat dalam keterbukaan informasi publik.


Setidaknya di wilayah Provinsi Kalimantan Timur baru website PPID Pemkot Samarinda, Pemkot Bontang, Pemkab Kutai Timur dan Pemkab Kutai Kartanegara yang sudah lama dan baru melaksanakan pembuktian adanya aktivitas pelayanan informasi publik di website PPID Pemda sebagaimana dimaksud pada uraian diatas. Hal ini bisa dilihat melalui screenshoot / tampilan layar di website PPID Pemda dimaksud sebagai berikut dibawah ini :


  1. Website PPID Pemerintah Kota Samarinda https://ppid.samarindakota.go.id/ Terlihat jelas pembuktian adanya aktivitas pelayanan informasi publik melalui statistik pelayanan dimana bisa dilihat jumlah permohonan secara tahun ke tahun juga perbulan dan tiap PPID pelaksana, jumlah unduhan dan view informasi publik dari pengguna informasi publik, dll. Selain itu list permohonan informasi publik detil transparan memperlihatkan identitas pemohon dan informasi yang dimohonkan/diminta dan ketika diklik nama pemohon maka akan muncul tabel proses pelayanan informasi publik dari awal hingga akhir baik itu permohonan diterima, diproses ataupun ditolak. Belum banyak website PPID di provinsi kaltim bahkan di Indonesia yang sudah sedemikian lengkap menunjukkan bukti adanya aktivitas pelayanan informasi publik sebagaimana dijalankan oleh PPID Pemkot Samarinda.





2. Website PPID Pemerintah Kota Bontang, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. Sudah mulai terlihat pembuktian adanya aktivitas pelayanan informasi publik melalui statistik pelayanan dimana bisa dilihat jumlah permohonan, jumlah unduhan dan view informasi publik dari pengguna informasi publik, dll. Selain itu list permohonan informasi publik detil transparan memperlihatkan identitas pemohon dan informasi yang dimohonkan/diminta. Namun secara keseluruhan 3 website PPID Pemda ini masih perlu mencontoh website PPID Pemkot Samarinda dalam hal kelengkapan pembuktian adanya aktivitas pelayanan informasi publik.


Link website PPID :













Berbeda dengan 4 website PPID Pemda diatas. Maka pada website PPID Pemerintah Provinsi Kaltim, Pemerintah Kota Balikpapan, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Pemerintah Kabupaten Berau, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, Pemerintah Kabupaten Paser tidak ditemukan adanya pembuktian aktivitas pelayanan informasi publik di website PPID nya . 7 Website PPID pemda ini hanya mencantumkan jumlah daftar informasi publik dan laporan pelayanan informasi publik tahunan dan hal tersebut tentu kurang memadai untuk pembuktian adanya aktivitas pelayanan informasi publik sesuai tuntutan zaman dewasa ini dan mesti segera dibenahi agar website PPID Pemda tidak hanya sekedar pajangan informasi publik. Berikut screenshoot/tampilan layar 7 website PPID pemda :


Link website PPID :











NB: Artikel ini khusus untuk monitoring website/situs/portal dan akun medsos badan publik di kaltim seri 1 dari Ketua Komisi Informasi Provinsi Kaltim Ramaon D Saragih.


bottom of page