top of page

KI Kaltim Awards 2018

Perkembangan keterbukaan informasi publik yang berbasis digital berhubungan erat dengan empat hal. Pertama, terkait teknologi digital itu sendiri dalam memberikan informasi, badan publik sebagai pemberi informasi harus memperhatikan kondisi demografi. Hal kedua badan publik harus mampu memetakan informasi yang akan disampaikan ke publik. Saat ini sangat sedikit orang yang membuka informasi melalui desktop, tetapi melalui smartphone. Jadi, informasi harus sejalan dengan perkembangan yang ada. Hal Ketiga, tantangan di era digital ini bagi badan publik adalah memungkinkan adanya pemenggalan informasi yang selanjutnya disalahgunakan melalui narasi berbeda dan pada akhirnya menyesatkan (hoax). Hal keempat yang berkaitan erat dengan keterbukaan informasi publik secara digital adalah keberadaan kelompok milineal yang membutuhkan informasi secara cepat dan berformat singkat.

Tantangan pada empat hal diatas dibagian awal sedikit banyak diharapkan mampu diminimalisasi dan diatasi dengan pelaksanaan keterbukaan informasi publik oleh badan publik melalui sarana website dan media sosial. Digitalisasi layanan informasi publik itu juga mensyaratkan pemerataan akses jaringan internet diseluruh wilayah provinsi kaltim dan itu menjadi tantangan juga kedepannya dikarenakan masih ada wilayah-wilayah di provinsi kaltim yang belum sepenuhnya bisa mengakses jaringan internet. Badan publik juga diharapkan makin inovatif dalam mengemas informasi publik agar mudah dicerna dan diserap. Tinggal kedepannya bagaimana mengelola digitalisasi keterbukaan informasi publik itu sebagai upaya kreatif dan inovatif dalam mendorong kemaslahatan bersama.

Dalam kaitan dengan semua hal tersebut diatas upaya dan inisiasi Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur untuk memonitoring dan mengapresiasi implementasi keterbukaan informasi publik melalui website/situs badan publik melalui kegiatan KI Kaltim Awards 2018 sebagai bagian dari upaya mendorong optimalisasi website badan publik untuk layanan informasi publik berkualitas di provinsi kalimantan timur. Website badan publik merupakan ujung tombak dalam pelayanan keterbukaan informasi publik. Website salah satu sarana strategis yang harus dimanfaatkan dalam membuka keran transparansi informasi publik setiap badan publik di provinsi kalimantan timur.

laman monitoring web badan publik KI Kaltim : Monitoring website badan publik di kaltim

KI Kaltim Awards 2018 ini juga menjadi penanda dan tonggak awal bagi perjalanan dan kiprah selanjutnya Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur dalam mengawal implementasi keterbukaan informasi publik di kalimantan timur melalui kegiatan monitoring dan evaluasi implementasi keterbukaan informasi publik pada badan publik. Karena sejak dibentuk pertama kalinya tahun 2012 baru pada tahun 2018 ini Komisi Informasi Provinsi Kaltim dapat mewujudkan kegiatan sendiri dalam pemberian anugerah bagi badan publik atas hasil monitoring dan evaluasi implementasi dan capaian keterbukaan informasi publik sebagaimana sudah biasa dilaksanakan diberbagai Komisi Informasi Provinsi didaerah lain di Indonesia juga Komisi Informasi Pusat. Sebelumnya even semacam ini dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan Komisi Informasi Provinsi Kaltim hanya menitipkan hasil penilaian kepada panitia pelaksana pemerintah daerah seperti dalam kegiatan pemberian panji-panji keberhasilan pembangunan bidang keterbukaan informasi publik setiap tahunnya.

Adapun kegiatan KI Kaltim Awards 2018 yang dilaksanakan tanggal 16 Nopember 2018 bertempat di Hotel Aston Samarinda di hadiri oleh Wakil Gubernur Kaltim H. Hadi Mulyadi mewakili Gubernur Kaltim untuk memberikan langsung penghargaan kepada badan publik dan memberikan kata sambutan. Undangan lainnya yang hadir pada kegiatan KI Kaltim Awards 2018 diantaranya dari unsur Forkomimda, pejabat struktural dilingkup Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim dan perwakilan dari unsur badan publik di kaltim serta Komisioner KI Kaltim M. Khaidir, Lilik Rukitasari, HM Balfas Syam, Sencihan, Rudi Taufana.

IMG_20181116_202420

Acara KI Kaltim Awards 2018 dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya diikuti seluruh undangan kemudian pembacaan doa dilanjutkan dengan kata sambutan dan penyampaian laporan terkait kegiatan oleh Ketua KI Kaltim M.Khaidir. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian anugerah pada badan publik yang menerima plakat dan piagam peringkat ke 3 dan 2 KI Kaltim Awards 2018 yang diserahkan oleh Komisioner KI Kaltim, Puncak acara dilanjutkan dengan pemberian anugerah pada badan publik yang menerima plakat dan piagam kategori penghargaan khusus dan peringkat 1 KI Kaltim Awards 2018 oleh Wakil Gubernur Kaltim. Setelah prosesi penyerahan anugerah penghargaan kepada badan publik disemua kategori dan peringkat selesai dilaksanakan acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan Wakil Gubernur Kaltim mewakili Gubernur Kaltim dan sebagai penutup acara Wakil Gubernur Kaltim didaulat untuk menyumbangkan beberapa buah lagu dan bernyanyi bersama Kepala Dinas Kominfo Prov. Kaltim dan tamu undangan lainnya.

IMG_20181116_212829

Walau baru pertama kali dilaksanakan sejak dibentuknya Komisi Informasi di Provinsi Kaltim tahun 2012 namun even KI Kaltim Awards 2018 ini terbilang sukses dan berjalan lancar . Hal ini sebagaimana disampaikan Sencihan Komisioner Bidang Kelembagaan KI Kaltim selaku kordinator even KI Kaltim Awards 2018.

“ ya ini memang even perdana KI Kaltim dan ada beberapa masukan-masukan positif untuk perbaikan kedepannya baik dari sisi substansi maupun teknis.  ini bentuk apresiasi kami atas kerja keras badan publik peraih penghargaan di even ini serta badan publik lainnya yang sudah cukup informatif dalam layanan informasi publik bagi masyarakat sebagaimana telah diputuskan dalam rapat pleno Komisi Informasi Provinsi Kaltim. Tentu tak semua bisa kami beri plakat dan piagam ada kriteria tertentu untuk itu sesuai ketentuan UU KIP dan Perki SLIP terkait informasi berkala yang wajib diumumkan badan publik. Terlepas dari itu semua, banyak pihak sangat mendukung even ini agar bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjadi ikon sekaligus tradisi komisi informasi di provinsi kaltim. Terima kasih buat semua rekan-rekan panitia, komisioner, Dinas Kominfo Prov. Kaltim, Pemprov Kaltim, badan publik  di kaltim dan para pihak yang telah membuat even ini bisa terlaksana dengan baik dan sukses “ . ungkap sencihan disela-sela penutupan even KI Kaltim Awards 2018.

—————————————————————————————————

Berikut info terkait lainnya seputar even KI Kaltim Awards 2018 :

Dokumentasi foto : Penyerahan penghargaan peringkat 3 semua kategori kepada badan publik : Badan Pusat Statistik Kaltim, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim, DPW. Partai Berkarya Kaltim, Dinas Komunikasi-Informatika & Statistik Kota Bontang, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Balikpapan oleh Komisioner KI Kaltim Rudi Taufana pada even KI Kaltim Awards 2018 di Aston Hotel Samarinda tanggal 16 November 2018 dari pukul 19:00-22:00 untuk pemberian anugerah badan publik oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur pada 10 kategori terbaik implementasi keterbukaan informasi publik via website badan publik se Kalimantan Timur.

Dokumentasi foto : Penyerahan penghargaan peringkat 2 semua kategori kepada badan publik : Badan Pengawas Keuangan dan pembangunan (BPKP) perwakilan Kaltim, RSJD. Atma Husada Mahakam, DPC PDI Perjuangan Kota Balikpapan, PDAM Kota Balikpapan, PT. Angkasa Pura 1 selaku pengelola Bandara SAMS Sepinggan, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim, Politeknik Negeri Samarinda, DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara, KPUD Provinsi Kaltim oleh Komisioner KI Kaltim Muhammad Khaidir pada even KI Kaltim Awards 2018 di Aston Hotel Samarinda tanggal 16 November 2018 dari pukul 19:00-22:00 untuk pemberian anugerah badan publik oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur pada 10 kategori terbaik implementasi keterbukaan informasi publik via website badan publik se Kalimantan Timur.

Dokumentasi foto : Penyerahan penghargaan kategori khusus inovasi terbaik kepada badan publik : Badan Keuangan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Pemerintahan Desa Bhuana Jaya Kutai Kartanegara, Bappeda Provinsi Kaltim, Kepolisian Daerah Kalimantan Timur, Dinas Kominfo & Statistik Kota Bontang, Bappeda Kabupaten Kutai Timur, Dinas Pertanahan & Tata Ruang Kota Balikpapan oleh Wakil Gubernur Provinsi Kaltim H. Hadi Mulyadi didampingi Komisioner KI Kaltim pada even KI Kaltim Awards 2018 di Aston Hotel Samarinda tanggal 16 November 2018 dari pukul 19:00-22:00 untuk pemberian anugerah badan publik oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur pada 10 kategori terbaik implementasi keterbukaan informasi publik via website badan publik se Kalimantan Timur.

Dokumentasi foto : Penyerahan penghargaan peringkat 1 semua kategori kepada badan publik : Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) samarinda, Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim, DPW. Partai Persatuan Pembangunan, PT. Bankaltimtara, PT. Pupuk Kaltim, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda, Universitas Mulawarman, DPRD Provinsi Kaltim, KPUD Kota Samarinda oleh Wakil Gubernur Provinsi Kaltim H. Hadi Mulyadi didampingi Komisioner KI Kaltim pada even KI Kaltim Awards 2018 di Aston Hotel Samarinda tanggal 16 November 2018 dari pukul 19:00-22:00 untuk pemberian anugerah badan publik oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur pada 10 kategori terbaik implementasi keterbukaan informasi publik via website badan publik se Kalimantan Timur.

peringkat 1-2-3 KI Kaltim Awards 2018
penghargaan khusus inovasi BP - KI Kaltim Awards 2018
Kaltim Awards 2018-1 (7)

Komisi Informasi Provinsi Kaltim Mengucapkan Terima Kasih Atas Kehadirannya Pada Even KI Kaltim Awards 2018 :

  1. PT Inhutani 1

  2. Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim

  3. RSUD A Wahab Sjahranie

  4. Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara

  5. Biro Bangda Pemprov Kaltim

  6. Kepolisian Daerah Kalimantan Timur

  7. Yayasan Bumi

  8. Dinas Sosial Pemprov Kaltim

  9. Dinas PU & PR Pemprov Kaltim

  10. Pupuk Kaltim

  11. Dinas Perindustrian,Perdagangan, Koperasi & UKM Pemprov Kaltim

  12. Pengadilan Tata Usaha Negara – Samarinda

  13. BEM Politeknik Negeri Samarinda

  14. Pemerintah Desa Bhuana Jaya Kutai Kartanegara

  15. Badan Penelitian dan Pengembangan Pemprov Kaltim

  16. PDAM Kota Samarinda

  17. Pengadilan Negeri Samarinda

  18. Bankaltimtara

  19. Akademisi Fakultas Hukum Universitas Mulawarman

  20. DPC Perhimpunan Mahasiswa Ilmu Hukum Samarinda

  21. Badan Keuangan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara

  22. Dinas Perhubungan Pemprov Kaltim

  23. Inspektorat Provinsi Kaltim

  24. Duta Informasi Publik – Kaltim

  25. Badan Nasional Narkotika – Kaltim

  26. PLN Regional Kalimantan

  27. Kanwil Direktorat Jendral Keuangan Negara – Kaltim & Kaltara

  28. Korem 091 ASN

  29. DPD Partai Gerindra Kaltim

  30. Balai Pengawas Obat dan Makanan- Samarinda

  31. Dinas Kominfo Provinsi Kaltim

  32. Dinas Kominfo Kota Samarinda

  33. Kantor Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI wilayah Kaltim

  34. Universitas Nahdlatul Ulama – Kaltim

  35. PDAM Kota Balikpapan

  36. Universitas 17 Agustus Samarinda

  37. Sekretariat DPRD Kota Balikpapan

  38. Angkasa Pura I

  39. KPID KALTIM

  40. Kepolisian Resort Kota Samarinda

  41. Dinas Perkebunan Pemprov Kaltim

  42. Kantor Perwakilan Komisi Yudisial – Kaltim

  43. Universitas Widyagama Mahakam Kota Samarinda

  44. Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Kaltim

  45. DPW Partai Golkar Kaltim

  46. Kanwil Kementerian Agama RI – Kaltim

  47. Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Kaltim

  48. Kantor Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI – Kaltim

  49. Komisi Pemilihan Umum Kota Samarinda

  50. RRI Stasiun Samarinda

  51. Dinas Pangan, Tanaman Pangan & Hortikultura Pemprov kaltim

  52. Pokja 30

  53. Kanwil Kemenkumham RI – Kaltim

  54. LPSE Kaltim

  55. Atma Husada Mahakam

  56. Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kaltim

  57. Dinas Pariwisata Pemprov Kaltim

  58. Biro Organisasi Pemprov Kaltim

  59. Biro Kesra Pemprov Kaltim

  60. BUMD/Perusda MBS Kaltim

  61. Kantor Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) – Kaltim

  62. STIMIK Widya Citra Dharma-Samarinda

  63. Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemprov Kaltim

  64. DPW Pemuda Muhammadiyah Kaltim

  65. Dinas Pemberdaya Masyarakat dan Pemerintah Desa Pemprov Kaltim

  66. Satkorwil Banser – Ansor Kaltim

  67. Rektorat Universitas Mulawarman

Berita terkait lainnya : 

Comments


bottom of page