top of page

KIP Kaltim Hadiri NAC-IKIP 2023

Jakarta, 14 Juni 2023 Komisi Informasi Pusat mengadakan kegiatan National Assessment Council (NAC) Forum Indeks Keterbukaan Informasi Publik.

Sambutan sekaligus pembukaan oleh Donny Yoesgiantoro (Ketua KI Pusat) dalam sambutannya menginformasikan bahwa indikasi pagu indikator tor IKIP smntara thn 2023 adalah 77,93 belum dikurangi NAC 30%. Saya hanya menekankan kita harus membandingkan dengan indeks – indeks lain. Dua hari ini kita harus bekerja keras sehingga kita dapat menyajikan data2 yg valid dan akuntabel. Unsur Informan Ahli dari akademisi, pelaku usaha, govermen, media massa dan masyarakat.

Forum dua hari ini kita kita harus bekerja bersama2 kuncinya bersinergi dari apa yang kita laksanakan. Beberapa Provinsi yang nilainya masih kurang untuk kedepannya harus ada peningkatan. Saya berterima kasih kepada stakeholder yang sudah membantu kegiatan ini

Perlu diketahui, Indeks KIP ada 3 aspek yang perlu diketahui, yang pertama kepatuhan badan publik terhadap UU KIP ( Obligation To Tell ) yang kedua persepsi masyarakat terhadap UU KIP maupun hak atas informasi ( Right To Know ) dan yang terakhir kepatuhan badan publik terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi terutama kepatuhan dalam melaksanakan putusan sengketa informasi publik untuk menjamin hak masyarakat atas informasi ( Access To Information )

Hadir dalam National Assessment Council (NAC) Forum Indeks KIP di Jakarta diantara adalah Komisioner KI Kaltim Bidang ASE ( Advokasi Sosialisasi dan Edukasi ) Sub Koordinator Pelayanan Informasi dan Penguatan Kapasitas Daya Komunikasi Publik Andi Razak didampingi staf KI Kaltim Nurhasanah dan Puput Rahmadaniah.

Comments


bottom of page