top of page

Pemkab PPU Raih Predikat Menuju Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023


PPU. Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) berhasil meraih kemajuan dalam penilaian keterbukaan informasi publik oleh Komisi Informasi (KI) Kaltim. Daerah berjuluk Benuo Taka ini mendapatkan predikat ‘Menuju Informatif’ pada kategori pemerintah kabupaten/kota se-Kaltim.


Pemkab PPU berhasil mendapatkan total nilai 87,51, dan mendapatkan predikat yang sama dengan 6 kabupaten/kota lainnya di Kaltim. Sedangkan, kabupaten/kota dengan predikat ‘Informatif’, diraih oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, Bontang dan Balikpapan.


“Predikat yang diperoleh PPU ini meningkat dibanding tahun sebelumnya, yaitu ‘Cukup Informatif’ menjadi ‘Menuju Informatif’,” kata Kepala Diskomindo PPU, Khairudin, Rabu (20/12/2023).


Pemberian predikat itu dilakukan dalam acara Malam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik 2023 di Ballroom Hotel Bumi Senyiur Samarinda pada Selasa (19/12/23). Kegiatan itu merupakan  penyampaian hasil e-monitoring dan evaluasi (e-monev) yang dilakukan oleh KI Kaltim terhadap badan publik se-Kaltim.


“Program ini untuk mengukur kepatuhan badan publik terhadap keterbukaan informasi publik,” jelasnya.

E-monev keterbukaan informasi publik ini terdiri dari 9 kategori,  di antaranya adalah pemerintah kabupaten/kota, perangkat daerah di Pemprov Kaltim, Perusda/BUMD/Perumda Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kaltim, BLUD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kaltim, Instansi Vertikal di Provinsi Kaltim, Instansi Vertikal Kabupaten/Kota di Provinsi Kaltim, Penegak Hukum (Gakum) Kabupaten/Kota di Kaltim, Yudikatif Kabupaten/Kota di Kaltim, Penyelenggara Pemilihan Umum Kabupaten/Kota di Kaltim.


Ketua KI Kaltim Ramaon Dearnov Saragih, bahwa e-monev ini sudah dilakukan ke 3 kalinya. Diharapkan ke depannya, seluruh daerah di Kaltim menjadi semakin baik dalam partisipasi badan publik.

“Kami harapkan semakin lama semakin bagus badan publik bisa berpartisipasi dan meningkatkan tingkat informatif badan publik tersebut,” tutupnya.



bottom of page