top of page

Pemkot Samarinda Raih Peringkat Pertama dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023


SAMARINDA. Pemerintah Kota Samarinda kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan peringkat pertama dalam kategori pemerintah kabupaten dan pemerintah kota dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dari Komisi Informasi (KI) Kaltim Tahun 2023.


Dengan pencapaian ini, Pemkot Samarinda berhasil mempertahankan status informatif selama tiga tahun berturut-turut, menjadikannya yang terbaik di kategori tersebut sebelumya pada tahun 2021 dan 2022.

Penghargaan diserahkan dalam Acara Malam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Kalimantan Timur 2023 di Ballroom Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, pada Rabu, 19 Desember 2023.


Sekda Kota Samarinda, Hero Mardanus Satyawan, menyampaikan perkembangan yang terlihat melalui media dan berita yang di-update oleh para wartawan mencerminkan keterbukaan Pemkot Samarinda

"Apakah masyarakat merasa wajar atau tidak dengan penerimaan kategori ini, sebagaimana yang saya rasakan, memang wajar karena Wali Kota Samarinda  sekarang sangat terbuka dalam memberikan informasi, dengan langsung merespons pertanyaan wartawan saat itu juga," kata Hero saat ditemui usai menerima penghargaan.


Ia mengatakan bahwa Kategori ini sebatas dalam koridor hukum sesuai aturan yang berlaku, namun Pemkot  Samarinda tetap konsisten menjaga keterbukaan informasi sesuai dengan yang diamanahkan.


"Kita tetap  konsisten mempertahankan keterbukaan ini seiring perkembangan waktu," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah, menambahkan turut memberikan pandangan terkait dampak keterbukaan informasi menurutnya keterbukaan informasi memiliki dampak yang sangat luas.


"Dengan memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat, kita membangun kepercayaan di dalam masyarakat Ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menciptakan lingkungan tanpa cacian di masyarakat. Semua dilakukan secara terbuka," ujarnya.


Ia mengatakan dengan menekankan betapa pentingnya melibatkan semua media akan kita rangkul untuk mengekspos informasi sebesar-besarnya kepada masyarakat.


"Apa yang dilakukan oleh Pemkot menjadi diketahui oleh semua lapisan masyarakat, menciptakan kepentingan dan kepercayaan masyarakat terhadap informasi yang disampaikan. Inilah yang membuat Samarinda semakin maju,"ujarnya.



bottom of page