top of page

Perumda Batiwakkal Raih Klasifikasi ‘Informatif’


TANJUNG REDEB – Perumda Air Minum Batiwakkal meraih Klasifikasi Informatif pada malam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur, di Samarinda.


Atas capaian tersebut, Direktur Perumda Batiwakkal Berau, Saipul Rahman mengaku bersyukur karena telah meraih klasifikasi ‘Informatif’ setelah tahun lalu masih ‘menuju informatif’.


Meski tetap harus puas di urutan kedua dengan nilai 93, setelah Bankaltimtara dengan nilai 94 untuk kategori BUMD dari 9 kategori yang ada. Yaitu Pemerintah Kabupaten/Kota, Organisasi Perangkat Daerah, Instansi Penegak Hukum, Penyelenggara Pemilu, Instansi Vertikal Kab/Kota, Vertikal Provinsi, Instansi Yudikatif, dan BUMD, dan Badan Layanan Umum Daerah.


“Harapan kami semoga Perumda Batiwakkal tetap bisa mempertahankan predikat informatif ini, dan juga meningkatkan kualitas pelayanan kami kepada masyarakat,” ujar Saipul.

Bagi Perumda Batiwakkal, diakui Saipul bahwa keterbukaan informasi merupakan bagian dari kinerja perusahaan. Karena masyarakat dapat langsung berpartisipasi dalam turut meningkatkan kinerja perusahaan.


“Kami terus berupaya konsisten dan menjalankan komitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.


Sejatinya hak mendapatkan informasi adalah hak warga masyarakat. Untuk itu setiap badan publik wajib untuk menyediakan informasi sesuai UU Nomor 14 Tahun 2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik berpesan agar ajang ini bukan sekedar penghargaan, tapi juga dapat menjadi sarana percepatan pelayanan publik dalam mendukung percepatan pembangunan.


Menurut Ketua Komisi Informasi Kaltim, Ramaon Dearnov Saragih menyebutkan dari 253 Badan Publik di Kaltim masih ada 182 Badan Publik yang belum informatif. “Padahal ini merupakan amanah undang-undang,” kata Ramaon.


Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Pusat, Donny Yusgiantoro yang bergabung via Zoom juga menyampaikan bahwa pada tahun 2023 sudah menggunakan e-monev yang memungkinkan partisipasi publik lebih luas lagi.


Donny menyampaikan selamat kepada 25 Badan Publik yang mendapat predikat “informatif” di Kaltim.

“Kepada Badan Publik yang masih mendapat klasifikasi ‘tidak informatif’, ‘kurang Informatif’, ‘cukup informatif’, ‘menuju informatif’ agar tak berkecil hati, karena akan ada pendampingan dari Komisi Informasi Kaltim,” ungkap Donny. (mar/sos/arp)



Comments


bottom of page