top of page

Visitasi Monev KIP Kaltim ke Pengadilan Agama Samarinda


PTA-Samarinda - Rabu, 06/12/2023 mendapat kunjungan dari Tim Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur, dalam rangka visitasi. Pada kesempatan ini Aparatur Pengadilan Tinggi Agama Samarinda menyambut dengan hangat kehadiran Tim Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur yang terdiri dari 4 orang, dengan pengalungan syal tanda penghormatan kepada para tamu.


Visitasi ini dalam rangka Monitoring Evaluasi Kepatuhan Badan Publik terhadap Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023. Acara diadakan di ruang Command Center Pengadilan Tinggi Agama Samarinda dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris serta seluruh Pejabat Struktural dan Fungsional Pengadilan Tinggi Agama Samarinda. Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung Ri, dan Mars PTA Samarinda. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan do’a dan Sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda.


Mengawali sambutannya, Ketua PTA Samarinda, H. Helminizami, S.H., M.H. menyatakan sangat senang dan atas kunjungan tim Komisi Informasi. Dalam sambutannya, Ketua PTA Samarinda menjelaskan tupoksi dari PTA Samarinda, keadaan perkara di PTA Samarinda dan Pengadilan Agama se-Kalimantan Timur. PTA Samarinda sendiri pada tahun 2019 telah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan pada tahun 2021 meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). “Tugas berat kami adalah untuk mempertahankan predikat tersebut serta memberikan pelayanan informasi terbaik kepada masyarakat”.


Mahkamah Agung juga merespons dengan keterbukaan informasi dengan mengeluarkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 2-144/KMA/SK/VIII/2022 tentang keterbukaan informasi, oleh karena itu PTA Samarinda membentuk susunan Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) serta membuat komitmen bersama untuk memberikan pelayanan cepat tepat kepada masyarakat.


Untuk tupoksi pelayanan di Pengadilan Agama telah diinformasikan kepada masyarakat. Antara lain, informasi tata cara berperkara, Posbakum, Pojok Gugatan Mandiri, e-court, dan sebagainya.


Ibu Erni Wahyuni, Komisioner Komisi Informasi Prov Kaltim, dalam sambutannya menyatakan bahwa ini pertama kali beliau berkunjung dan melaksanakan visitasi ke PTA Samarinda. Visitasi bertujuan untuk mendengarkan secara langsung komitmen pimpinan dalam keterbukaan informasi kepada publik, sekaligus kroscek langsung kebenaran hasil kuesioner yang dikirim oleh PTA Samarinda ke e-monev. Untuk pelaksanaan keterbukaan informasi, badan publik dapat berpedoman kepada Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2021 yang telah diatur secara lengkap dalam aturan tersebut.


Acara dilanjutkan dengan Presentasi mengenai Keterbukaan Informasi Publik yang disampaikan oleh Wakil Ketua PTA Samarinda, Ibu Dra. Hj. Muhayah, S.H., M.H. Sehubungan dengan presentasi tersebut, Komisioner Komisi Informasi menyatakan Wakil Ketua PTA Samarinda sangat memahami keterbukaan informasi, kemudian pada kesempatan kali ini Komisioner menyampaikan bahwa kuesioner penilaiannya telah dikunci, dan sedikit ada perbaikan dengan mengacu pada Perki 1 Tahun 2021. (rhm)


Commentaires


bottom of page